Pengetahuan

Jejaring sosial apa yang pertama kali ada dibumi?

Hayo. . . Siapa yang tidak kenal? Situs jejaring sosial atau media sosial(MedSos) merupakan sebuah situs yang menghubungkan 2 orang atau lebih untuk dapat berkomunikasi melalui sebuah web. Nah, kira-kira situs jejaring sosial apa yang pertama kali dibumi ini? Myspace? Friendster? Facebook? Twitter? Google+? hayo, jawabanya ada di paragraf kedua.

Jawabannya adalah theglobe.com. šŸ™‚ theglobe.com merupakan situs jejaring sosial pertama yang didirikan pada tahun 1994. Pendirinya adalah Stephan Paternot dan Todd Krizelman. Stephan dan Todd merupakan mahasiswa dariĀ Cornell University. Awalnya theglobe.com hanya digunakan untuk chatroom atau komunikasi anggota komunitas online yang terdaftar di seluruh dunia. Jejaring sosial ini memberikan kebebasan untuk membuat konten sama seperti jejaring sosial kebanyakan. Tidak hanya itu di jejaring sosial ini sudah bisa melakukan interaksi dengan orang yang memiliki minat yang sama.

theglobe.com
Tampilan situs jejaring sosial theglobe.com

Tak lama kemudian internet mulai booming dan theglobe.com pun ikut menyesuaikan diri dengan melakukan go public atau mulai melakukan ekspansi atau lebih tepatnya mulai digunakan oleh halayak ramai. Berita theglobe.com memutuskan go public pada tanggal 13 November 1998. Berita tersebut merupakan berita paling besar dan seharian disiarkan di beberapa media masa. Akibat banyak yang memberitakan membuat para investor mulai mulai menginvetasikan uangnya. Hebatnya, harga saham theglobe.com mengalami pengingkatan 606% dari harga saham awal.

Internet makin menggila di tahun 90an, pastinya theglobe.com memiliki harapan untuk memanen dolar dari mesin webnya. Tapi sayang penurunan pasar iklan online membuat CEO Michael S. Egan memilih untuk menggunakan theglobe.com sebagai kendaraan untuk melakukan investasi dan memperoleh portofolio media internet lainnya dan perusahaan periklanan.

Dari tahun 1990-an sampai 2007, theglobe.com memiliki empat jalur bisnis. Bisnis VoIP(Voice over Internet Protocol) merupakan bisnis utama yang memungkinkan semua orang untuk melakukan panggilan telepon melalui internet di mana saja. Selain bisnis Voip, ada juga bisnis seperti majalan game komputer, teknologi dan yang terakhir bisnis domain yang kita kenal dengan .travel .

Kiprah theglobe.com didunia maya tidak dapat bertahan lama. Pada bulan maret 2007, manajemen membuat keputusan untuk menutup bisnis utama mereka yang termasuk VoIP dan game komputer. Tanggal 29 september 2008, theglobe.com menjual seluruh bisnis dan aset yang mereka miliki hingga akhirnya dinyatakan tidak beroprasi.

 

Sumber theglobe | wikipedia

Tentang Penulis

Evans Zulhendy

Evans Zulhendy

Maju Terus Startup Indonesia.

Tambah Komentar

Klik disini untuk pasang komentar

two × 2 =