Pengetahuan

Bill Gates vs Steve Jobs

Siapa yang tidak kenal dengan kedua orang yang saya jadi kan judul di artikel ini. Steve jobs dengan perusahaan komputernya yang kita kenal Apple dan Bill Gate terkenal dengan perusahaan software yang dia dirikan yaitu Microsoft. Cerita keduanya sangat unik, sama-sama tidak meneruskan kuliah tetapi lebih memilih mengembangkan bisnisnya.

Awal cerita berawal dari komputer Altair 8800 yang memiliki desain kecil dimasanya. Altair 8800 masih belum menggunakan layar monitor dan masih menggunakan kode-kode atau kertas yang dilubangi. Bill Gates yang usianya waktu itu 19 tahun mulai membuat sebuah program yang akan digunakan pada komputer Altair 8800. Dan dari situlah Bill Gates akhirnya keluar dari Universitas Harvard dan membangun perusahaan Micro Soft.

Komputer Altair 8800

Bagaimana dengan Steve Jobs??? Jobs mulai membayangan komputer yang digunakan bukan untuk bisnis saja tetapi untuk rumahan. Diawali dari menjual motherboard Apple I dengan temannya yang bernama Steve Wozniak. Hingga akhirnya Steve Jobs mulai membangun perusahaan Apple dengan produk barunya Apple II.

Bill Gates yang mendengar bahwa Apple II telah meluncur di pasaran. Akhirnya membeli Apple II dan melihat isi komponen komputer tersebut. Bill merasa bahwa Apple II masih belum ada nilai jual untuk kegiatan bisnis. Bill membuat sebuah kartu perangkat lunak yang nantinya akan diletakkan program pengolah data yang dia buat, program tersebut seperti pengolah kata dan pengolah angka yang biasa kita kenal dengan Excel. Setelah Bill Gates berhasil membuatnya, Gates akhirnya meminta Jobs untuk melihat komputer Apple II yang telah ditambahkan kartu perangkat lunak yang ia buat.

Steve Jobs tertarik dan akhirnya meminta Bill Gates untuk memasarkan juga kartu perangkat lunak tersebut. Bill Gates pun menjadi lebih sukses setelah menjual kartu perangkat lunak. Mendengar berita sukses Apple II yang berhasil menjual komputer untuk rumahan dan bisnis. IBM pun tertarik untuk membuat komputer yang menggunakan layar. IBM langsung menghubungi Bill Gates untuk membuat sistem operasi dan program pengolah data untuk bisnis. Bill Gates akhirnya berhasil menyelesaikan system operasi pertamanya yaitu MS-DOS.

Apple tidak hanya berhenti di penjualan Apple II saja. Tetapi Apple mulai membuat Apple Lisa, sebagai generasi selanjutnya. Tetapi Apple gagal menjual Apple Lisa akibat peluncuran IBM yang menggunakan sistem operasi MS-DOS. Steve Jobs dikeluarkan dari proyek Apple Lisa dan untuk menumbukan kepercayaan di dewan direksi Apple, Steve bergabung ke proyek Macintosh yang tidak memiliki semagat untuk membuat inovasi.

Saat memulai pembuatan Macintosh, Steve jobs mendapat telepon yang menyuruhnya untuk datang ke sebuah perusahaan software yang bernama Xerox. Disana ia datang bersama teamnya dan karyawan Xerox menunjukkan sebuah komputer yang menggunakan system operasi GUI (Graphical User Interface). Semua team Steve Jobs tertarik dengan system operasi yang mampu menjalankan program secara bersamaan. Mereka melihat sebuah masa depan komputer Apple ada disini.

Apple_Macintosh_Desktop
Gambar Apple Macintosh Desktop | sumber Wikipedia

Setelah Macintosh jadi, Steve di memanggil Bill Gates untuk melihat hasil yang ia ciptakan bersama teamnya. Komputer Macintosh saat itu juga sudah mulai menggunakan mouse dan masih dirahasiakan untuk umum. Maksud dari Steve Jobs memanggil Bill Gates adalah untuk membuat software pengolah data bisnis di komputer barunya. Setelah Bill Gates melihat komputer Apple yang telah menggunakan Sistem Operasi GUI. Bill akhirnya juga membuat system operasi windows versi pertama yang menggunakan GUI dan sebagai pengganti generasi MS-DOS. Windows Versi pertama dirilis 3 minggu setelah peluncuran Macintosh.

Steve Jobs merasa kesal setelah mendengar bahwa Bill Gates telah membuat system operasi GUI yang bisa digunakan untuk semua merek komputer. Steve kesal karena karyanya telah ditiru oleh Bill Gates dan penjualan Macintosh tidak sesuai harapan. Apple malah tidak dapat menjual Macintosh lebih banyak setelah Windows pertama meluncur. Steve Jobs pun di keluarkan dari perusahaan yang ia diri dan CEO Apple diganti oleh John Sculley. John merupakan mantan presiden Pepsi yang ditarik oleh Steve jobs untuk bergabung dengan Apple. Tetapi sayang, John malah menjadi senjata dewan direksi untuk mengusir Jobs.

Windows bertumbuh dengan cepat menguasai bisnis komputer, bagaikan petir yang menyambar. Di tahun 1980-an komputer di seluruh dunia menggunakan system operasi Microsoft. Membuat Bill Gates menjadi milioner termuda didunia.
Bertahun-tahun Apple mengalami penurunan penjualan setelah di tinggal pergi oleh Steve Jobs. Bill Gates semakin nyaman dan mulai di anggap me-monopoli seluruh perdagangan software. Sedangkan Steve Jobs mulai membuka lembaran baru dengan perusahaan komputer baru yang bernama Next.

Di tahun 1996, saham Apple mengalami penurunan yang sangat drastis, Apple juga hampir mengalami bangkrut sehingga membuat para investor mulai melepas ribuan lembar saham Apple. Gil Amelio yang waktu itu menjabat sebagai CEO Apple, meminta bantuan kepada Steve Jobs untuk menyegarkan Apple kembali sama seperti saat memulai bisnis. Steve Jobs menerima tawaran untuk menyehatkan saham Apple. Tetapi dengan satu syarat, Steve Jobs yang akan menjadi CEO dan menjalakan semua bisnis Apple dengan leluasa.

Di tahun 1997, Microsoft menginfestasikan uang sebesar $150 juta dolar untuk Apple. Microsoft juga berhak untuk meletakkan Micosoft Office di komputer Apple selama lima tahun. Yang lebih unik lagi Internet Explorer juga mendapat tempat sebagai web browser default di Macintosh. Tentu semua ini membuat semua pecinta Apple mengejek dan mencaci Microsoft sebagai monopoli. Tetapi bagi Steve Jobs tidak masalah dengan Internet Explore sebagai web browser yang default. Karena default aplikasi web browser bisa di rubah, jika pengguna ingin menggunakan yang lain.

Apple akhirnya kembali meroket seperti sedia kala. Beberapa produk yang dikeluarkan seperti iMac, iPod dan iPhone bisa dikatakan sukses dipasaran. Bahkan ditahun 2007, saat peluncuran iPhone ribuan orang menunggu berjam-jam di depan Apple store demi mendapatkan iPhone.

Sedangkan Bill Gates memperbaiki citranya yang terkesan memonopoli. Bill akhirnya mendirikan sebuah yayasan terbesar di dunia yaitu Bill and Melinda Gates Foundation.

Di tahun 2011, Steve Jobs keluar dari CEO Apple akibat kesehatannya yang semakin memburuk. Steve Jobs dikabarkan terkena kangker pangkreas. Steve jobs akhirnya menghembuskan nafas terakhir dan menjadi kabar duka bagi pengemarnya di seluruh dunia. September 2012 atau setahun setelah Steve Jobs meninggal, Apple menjadi perusahan paling berharga didunia.

Hubungan antara Steve Jobs dan Bill Gates memang erat. Terkadang mereka berdua saling bermusuhan dan terkadang mereka juga berteman dengan baik. Bahkan Bill Gates dan Steve Jobs mengajarkan kepada kita semua, bahwa perusahaan modern itu tidak memandang pesaing sebagai musuh melainkan sebagai teman.

 

Sumber youtube | youtube | wikipedia

Sumber Gambar Apple Macintosh Desktop | Komputer Altair 8800 | Steve jobs | Bill Gates

Tentang Penulis

Evans Zulhendy

Evans Zulhendy

Maju Terus Startup Indonesia.

Tambah Komentar

Klik disini untuk pasang komentar

five × 2 =