Wikipedia yang di kenal sebagai ensiklopedia online terbesar dan terus berkembang akan bekerjasama dengan KHT Royal Institute of Technology untuk mengembangkan Wikipedia berbasis suara yang dapat membantu para tunanetra. Nantinya platform yang sudah jadi tidak hanya digunakan Wikipedia saja tetapi juga dapat digunakan untuk MediaWiki lainnya yang berbasis open-source.

Menurut Joakim Gustafson seorang professor asal KTH mengatakan bahwa projek ini bertujuan untuk menyediakan akses Wikipedia maupun wiki lainnya untuk dapat membantu orang-orang yang mengalami masalah penglihatan dan gangguan dalam membaca. Mereka mengatakan akan focus pada bahasa Swedia, kemudian akan dilanjutkan ke bahasa inggris dan yang terakhir adalah bahasa Arab.

Harapannya ketiga bahsa tersebut dapat terselesaikan sekitar bulan September 2017 nanti dan setelah itu mulai bias digunakan untuk 280 bahasa lainnya yang ada diseluruh dunia. Jika platform ini akan di berikan secara gratis dan bebas lisensi tetapi harus sesuai dengan aturan Wikipedia Commons yang ada hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × four =