Operator seluler asal Singapura M1 berhasil tembus hingga 35 Gbps dalam uji coba teknologi jaringan 5G dengan menggunakan teknologi Huawei. Pengujian ini membuat spektrum di 73GHz yang dilakukan di Jurong.

Teknologi jaringan 5G yang dikembangkan oleh M1 ini merupakan salah satu jaringan yang paling canggih di seluruh dunia. Bahkan M1 berkomitmen untuk mengembangkan teknologi 5G dibandingkan teknologi 4G yang saat ini mereka gunakan.

Teknologi jaringan 5G nantinya dapat digunakan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik dan membantu perkembangan aplikasi pintar yang lainnya.

Di jaringan 4G sendiri, M1 sebelumnya sudah bekerja sama dengan Huawei untuk menguji teknologi tersebut. Tak mau memakai teknologi 4G terlalu lama, M1 mulai menguji coba teknologi 5G. Teknologi 4G sebenarnya masih layak untuk digunakan saat ini, karena 4G sudah mendukung 4×4 MIMO (Multiple-Input Multiple Output).

M1 juga sudah bekerja sama dengan Nokia untuk proyek NB-IOT (Narrowband Internet of Things).  Proyek ini menggunakan jaringan 5G untuk mengatur suhu kamar dan sensor kelembapan ruangan dengan sistem remote jarak jauh. Proyek ini diharapakan dapat selesai akhir tahun ini.

Huawei berencana menerapkan jaringan 5G pada semua perangkatnya pada tahun 2020. Di bulan November nanti, Huawei juga akan menguji coba teknologi 5G dengan Optus salah satu operator seluler di Australia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + 13 =